Fender STratocaster

Fender Stratocaster

FenderStratSunburst95NOS

Data umum   : Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954. Sejak saat itu desainnya tidak berubah. Beberapa model diproduksi di Jepang mulai awal tahun 1980-an, dengan merk Squire. Strat sekarang dibuat di Negara –negara berikut (disusun berdasarkan harga dan kualitas, mulai dari yang etrtinggi sampai yang terendah): Amerika Serikat, Jepang, Korea, Meksiko, dan Cina.

Nama – nama Tenar : Jeff Beck, Eric Clapton (album – album solo), Robert Cray, Rory Gallagher, Jimi Hendrix, Kenny Wayne Shepred, Stevie Ray Vaughan.

Desain : Tiga pickup dengan koil tunggal, cutaway ganda, solid body, Floating Bridge vibrato unit (tapi ini tidak dipakai oleh banyak pemain blues).

Sound : Umumnya lebih cerah dibandingkan gitar – gitar blues lainnya karena pickup koil tunggalnya. Kata sifat yang menempel pada gitar ini mencakup ‘sparkling’ (berkilau), ‘sharp’ (tajam), ‘honking’ (keras mengentak), ‘bell-like’ (seperti bel), ‘squealing’ (melengking), ‘crisp’ (garing)…

Fakta yang perlu diketahui : Scratchplate satu lapis digantikan oleh tiga lapis berwarna putih/hitam/putih pada tahun 1959. Mengensankan pengguna Strat lainnya karena scrathplate lapis tunggal mereka (amat u,u, untuk versi kopiannya) “didasarkan pada desain klasik tahun ‘57”

Opini Instant :  Squire Jepang awal tahun ’80-an pada kenyataanya lebih baik ketimbang Strat Amerika saat itu.

Kritik yang bisa diterima : Gitar ini tidak selalu dalm keadaan setem bila kamu hanyut dalam whammy bar.

Leave a comment