Nyanian Duka Blues Otis Taylor

Nyanian Duka Blues Otis Taylor
Album: Double V
Artis: Otis Taylor
Produksi: Telarc (2004)

OTIS Taylor memainkan apa yang disebut sebagai country blues. Ini jenis blues yang cenderung dekat dengan jenis musik country, antara lain ditandai dengan penggunaan banjo dan mandolin. Selain menyanyi, Taylor juga memainkan banjo akustik dan elektrik, serta mandolin elektrik.
Blues versi Otis Taylor terdengar agak berbeda dengan blues jenis BB King atau Stevie Ray Vaughan yang banyak memainkan jenis blues 12 bar itu. Akan tetapi, semangat blues sebagai ungkapan duka lara masih dibawa Taylor. Dengan lagu dia berbicara tentang kemiskinan, pengalaman perih, juga tentang kaum tertindas yang terenggut hak-haknya sebagai manusia.
Lelaki kelahiran Chicago tahun 1948 ini antara lain bicara tentang keresahan Indian yang tanahnya digusur dalam Took Their Land. Lagu ini hanya diiringi harmonika. Dia juga berbicara tentang pengalaman pribadi masa muda, ketika ibunya dipenjara karena menjual heroin dalam Mama’ s Selling Heroine.
Dalam lagu Buy Myself Some Freedom yang bernuansa sangat memelas, Taylor berbicara tentang rasisme. Khusus untuk lagu ini, vokal dibawakan Cessie Taylor. Terompet dari Ron Miles menambah suasana trenyuh. Simak lirik awal lagu itu: Wished I could go down to department store buy myself some freedom.
Satu hal yang perlu dicatat, lewat blues Otis Taylor tidak mengiba-iba dalam kecengengan lirik, atau melodi yang mendayu-dayu. Ia tetap gagah-dan indah-dalam penderitaan.

Leave a comment